Selasa, 16 Oktober 2012

Curug Cikondang

Curug Cikondang yang juga dikenal warga setempat Curug Terekel, merupakan salah satu air terjun cukup indah untuk dikunjungi. Curug Cikondang sendiri terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Curug yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter ini terletak diantara hamparan Kebun Teh PTP VIII Panyairan Campaka.
Untuk menuju kawasan curug ini, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Lokasinya berada sekitar 50 kilometer dari pusat kota Kabupaten Cianjur.
Lokasi curug berada 895 meter diatas permukaan laut. Luas area keseluruhan curug mencapai 900 meter persegi yang terbagi menjadi lima teras yang semakin keatasnya semakin menyempit.
Curug Cikondang berdampingan dengan sebuah kawasan asri perkebunan teh. Namun, ada sebagian pengunjung cukup kesulitan menuju curug ini, kerena kurangnya plang penunjuk arah. “Terlebih karena rute nya yang menyulitkan dan minim petunjuk,” kata Kusnadi (28) salah seorang pengunjung ketika Radar Cianjur bertandang ke lokasi curug ini.
Curug Cikondang berdasarkan pantauan, ternyata bukan bentukan air mata asli, tapi lebih karena tumpahan sungai yang jatuh melalui tebing besar. Ukurannya terbilang sangat besar.
Deru air jatuhnya pun sangat indah. Sayangnya keindahan dimensi air terjun tidak dibarengi pengelolaan yang baik. Mungkin pemerintah setempat kurang peduli, karena curug ini sepertinya tidak layak jual.
Meski untuk masuk ke area curug ini setiap pengunjung harus bayar tiket sebesar Rp3000. Hal itu pula dikelola oleh warga lokal, sebagai usaha sampingan.(nag/den/tan/des)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar